Hari Lupus Sedunia tanggal 10 Mei

image Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang dengan tanda dan gejala yang bervariasi pada tubuh, termasuk sendi, kulit, darah, dan ginjal. Ini adalah kondisi dimana sistem immunitas tubuh menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Lupus Foundation of America (LFA) memperkirakan antara 1.5 - 2 juta orang di Amerika menderita penyakit ini, tetapi mungkin angka sebenarnya lebih tinggi. Lebih dari 90 % penderita lupus adalah perempuan. Gejala dan diagnosa kebanyakan muncul pada saat beranjak dewasa diantara usia 15 dan 45 tahun.

Di Amerika, lupus dijumpai lebih banyak pada African Americans, Latinos, Asians, dan Amerika asli daripada Caucasians. Di Indonesia, data dari Rumah Sakit Umum Dr Soetomo sejak 2003 - 2006, dijumpai 215 pasien. Keseluruhannya di indonesia lebih dari 200.000 penderita Lupus.

Secara normal sistem immunitas (pertahanan) tubuh membentuk protein yang disebut antibodi, melindungi tubuh dari virus, bakteri dan zat asing lain. Zat asing inilah disebut antigen.

Ketika seseorang menderita lupus, tubuhnya tidak dapat membedakan antigen atau sel jaringan tubuh sendiri. Selanjutnya, sistem immune membentuk antibodi menyerang sel atau jaringan tubuh orang itu sendiri. Antibodi ini disebut autoantibodi.

Inflamasi adalah tanda utama dari Lupus. Inflamasi, yang bahasa Latinnya berarti "set on fire," adalah karakteristik dengan nyeri, panas, kemerahan, bengkak, dan penurunan fungsi tubuh, baik fungsi tubuh didalam ataupun diluar. Bagi banyak orang, penyakit ini ringan dan hanya berefek pada beberapa organ. Pada yang lain, penyakit dapat berat dan mengancam jiwa.

Ada 4 tipe dari lupus: — systemic lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus yang jarang dijumpai. Dari semua ini, systemic lupus erythematosus adalah yang paling sering dan serius.

Begitu pentingnya menangani penyakit ini sehingga dunia "memproklamasikan" hari Lupus tanggal 10 Mei.

Artikel Terkait



Comments :

3 komentar to “Hari Lupus Sedunia tanggal 10 Mei”

wah iyah yah kagak terasa......
aq juga kebetulan dah nulis tuh tentang penyakit yang sangat menakutkan....

www.katobengke.com mengatakan...
on 

MET MALAM YAH SOBAT....JANGAN LUPA KLIK IKLAN AQ YAH......

www.katobengke.com mengatakan...
on 

tetap posting ya..saya akan ikutin..jangan lupa sering mampir dan kasih komentar ya..makasih..

Yulia mengatakan...
on 

Posting Komentar