Demam Bukan Penyakit

image

Demam (juga disebut pyrexia, dalam bahasa Yunani "pyretos" berarti api, atau respon febrile, dalam bahasa Latin disebut febris, berarti demam) adalah tanda medis yang sering disebutkan dalam mengutarakan peningkatan suhu tubuh internal melebihi batas normal. Demam tepatnya dievaluasi dengan pengukuran menggunakan alat pengukur suhu tubuh, dengan peningkatan suhu sekitar 1–2 °C (1.8-3.6 °F).

Demam disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh yang diatur oleh thermoregulatory, yang fungsinya mengatur suhu tubuh (umumnya sekitar 37 °C ±1 °C, or 99 ±2 °F) jadi meningkat.

Seorang yang terkena demam secara umum akan merasa dingin sehingga meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tonus otot dan menggigil, yang semuanya itu adalah pertahanan tubuh untuk melawan rasa dingin sehingga merangsang pusat pengaturan suhu (thermoregulatory set-point).

Demam dibedakan dari hyperthermia yang pada hyperthermia terjadi peningkatan suhu tubuh melebih daripada pusat pengaturan suhu, diakibatkan oleh produksi panas yang berlebihan atau akibat tidak berfungsinya pusat pengaturan tubuh atau keduanya.

Demam merupakan mekanisme salah satu sistem pertahanan tubuh yang ditujukan menetralisir ancaman terhadap tubuh seperti oleh bakteri atau virus.

Jadi, demam bukan penyakit, tetapi respon tubuh terhadap penyakit.

Artikel Terkait



Comments :

0 komentar to “Demam Bukan Penyakit”


Posting Komentar