Tuberkulosis (TBC)

tuberkulosis, TBC, gejala, penanganan, obat Tuberkulosis, juga disebut TBC, adalah infeksi disebabkan oleh bakteri. Bakteri tuberkulosis ini biasanya menyerang paru (TB paru). Bagian lain tubuh juga dapat diserang, contohnya kelenjar limph, ginjal, tulang, sendi, dan lainnya (TB luar paru ). Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius dan bahkan kematian, khususnya jika tubuh lemah karena penyakit lain.

Ini adalah penyebab kematian paling sering di negara berkembang. Sekitar 1300 kasus dilaporkan di kota New York State. Di Indonesia, penderita Tuberculosis (TB) adalah ketiga tertinggi didunia setelah China dan India. Ini bukan yang membanggakan. Berdasarkan survei, dari 100 ribu penduduk ditemukan 130 penderita yang terinfeksi kuman Mycobacterium tuberculosis.

Artikel Terkait



Comments :

13 komentar to “Tuberkulosis (TBC)”

Mbak, memang bakteri penyebab TBC ini mudah menyebar di udara, jadi kalau didalam ruangan kerja ada yang punya penyakit ini, maka yang ada disana kemungkinan tertular besar ya..?

Wiran mengatakan...
on 

Ya benar. Kalau satu ruangan ada yang menderita tb, kemungkinan tertular ada. Tetapi, tergantung dari daya tahan tubuh, jika pada saat tubuh kita lemah imunitasnya, misalnya kelelahan bekerja, ada penyakit kronis yang kita derita, stress/depresi, membuat kita rentan terhadap penyakit. Jika teman sekantor positif tb, sebaiknya cuti dulu, sambil amenjalani terapi. Paling tidak 2 bulan pertama,akan mendapatkan 4 macam obat yang setiap hari diminum, disebut periode bakteriostatik, jadi menghentikan kerja bakteri, sehingga tidak menularkan ke orang sekitar.

Yulia mengatakan...
on 

tanda-tanda dari penyakit ini yang paling menonjol apa,ya?

maos mengatakan...
on 

Batuk, biasanya batuk kering, batuk lama, walau sudah diberi obat batuk, keringat malam, penurunan berat badan. Pada anak sering ditemukan pembengkakan kelenjar, biasanya pada leher.

Yulia mengatakan...
on 

Bagus artikelnya, bisa mengingat kan kita pentingnya sebuah kesehatan.

angin mengatakan...
on 

ya tuhan jagalah diriku dari penyakit ini...
bla aku batuk aku selalu minum OhBH OBH maksudnya hehehe... :D

Lixzz mengatakan...
on 

waaahh, thanks yah info nya... jadi takut juga neh... apalagi saya perokok.. tp gak addict... keep share... Berikan komentar terbaik anda disini Thanks,,,,

Belajar SEO mengatakan...
on 

wah artinya musti brenti ngerokok sekarang juga ya?
tapi kan sama aja mematikan pendapatan para petani tembakau maupun pekerja pabrik...
*ngeles dikit ah.. ;9*

Jemari Bicara mengatakan...
on 

Duh, kok pada ngomongin rokok? kayaknya saya lagi gak ngomongin rokok tuh. ;)
Tapi bener juga, kesian nasib para buruh. Kesian juga ntar dokter jadi berkurang pasien paru2 kalo ga ada yang merokok. He..he.

Yulia mengatakan...
on 

wah ngeri yah penyakitnyaaaaaaaaaa'''''''''''

Unknown mengatakan...
on 

wah..dari tbc sampe jadi ada yang komentar tentang rokok..hehee...

trims infonya dok..

GigiSehatBadanSehat mengatakan...
on 

artikel yang benar2 bermanfaat bagi kita semua..akhirnya tahu kini.bahwa indonesia dpt peringkat ke 3..dlm penyakit tb

Dimensi muslimah mengatakan...
on 

helo friend, come see me at the world through the Internet to planes are coming through blogg

smithe mengatakan...
on 

Posting Komentar